Unmuh Gelar Workshop Pembuatan Blog Pembelajaran Bagi Guru Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah PWM Babel

 
Sipenmaru.id--Unmuhbabel-- Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul Workshop Pembuatan Blog Pembelajaran Bagi Guru Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Babel dengan Skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) berjalan dengan baik. Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dikdasmen Muhamamdiyah Bangka Belitung Bapak Drs. H. Edison Taher dan Sekretaris Dikdasmen Bapak Gatot Afrianto, S.Sos.I. Selanjutnya dilakukan workshop dengan pemateri 1 Romadon,S.T.,M.Pd dan pemateri 2 Yudi Yunika Putra, M.Pd. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 27 peserta yang terdiri dari perwakilan guru SD, SMP, dan SMA/SMK Muhammadiyah di Pulau Bangka.
 
Adapun sistem penyampaian materi dalam kegiatan workshop ini adalah dengan menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode demontrasi dan latihan. Selanjutnya di akhir kegiatan akan diberikan evaluasi kepada guru yang mengikuti kegiatan tersebut dengan indikator keberhasilan kemampuan guru membuat blog pembelajaran.
 
Penggunaan metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode demonstrasi dan latihan pada kegiatan workshop sebagai upaya meningkatkan teknik dan strategi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tercapai apa yang menjadi tujuan dari pengabdian ini.
 
Metode demostrasi dilaksanakan ketika membuat blog pembelajaran. Selanjutnya metode latihan akan diberikan kepada guru-guru untuk mengetahui sejauhmana kemampuan dalam menerapkan blog pembelajaran berbasis internet. Selanjutnya dalam kegiatan workshop ini akan diberikan evaluasi pada bagian akhir berupa penilaian terhadap kemampuan guru dalam membuat dan mengaplikasikan blog pembelajaran.

Pengabdian pada masyarakat yang dilakukan berupa Workshop Pembuatan Blog Pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas  dan  proses  pembelajaran  di  sekolah secara online bagi Guru Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Babel. Pengabdian  tersebut  didasarkan  dengan  melihat  kondisi  saat  ini, dimana proses pembelajaran daring/online menjadi pilihan utama disaat pandemi seperti saat ini
 
Selain itu pendidikan  dihadapkan dengan  berbagai  macam  kemajuan  IPTEK   yang  mempengaruhi  perkembangan  strategi pengajaran   dan   pembelajaran.   Pesatnya   perkembangan   IPTEK   tersebut   belum   mampu dioptimalisasikan oleh tenaga pendidik untuk mentransformasi kebudayaan, pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik guna mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
 
Sebagai  contoh  pada  umumnya  guru  belum  mampu  mengembangkan  kompetensi pedagogiknya  dalam  hal  pemanfaatan  teknologi  sebagai  media  pendukung  dalam  proses pembelajaran  sehingga  dapat  menimbulkan  minat  dan  motivasi  belajar  bagi  peserta  didik yang  sesuai  dengan  kebutuhan  saat  ini  yakni  dengan  menggunakan  pendekatan  berbasis  IT seperti  menggunakan  e-blog pembelajaran merupakan  inovasi  yang  dapat  dimanfaatkan dalam  proses  pembelajaran, tidak hanya  dalam  penyampaian materi  pembelajaran  tetapi  juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. 
 
Blog pembelajaran merupakan sebuah inovasi dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkan siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun. Adapun   sistem   penyampaian   materi   dalam   kegiatan   pelatihan   ini   adalah   dengan menggunakan metode ceramah yang dikombinasikan dengan metode demosntrasi dan latihan. Selanjutnya  di  akhir  kegiatan akan  diberikan  evaluasi  kepada  guru  yang  mengikuti  kegiatan tersebut dengan indikator keberhasilan kemampuan guru dalam membuat blog pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

Pendaftaran "Unmuh Gelar Workshop Pembuatan Blog Pembelajaran Bagi Guru Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah PWM Babel"

Posting Komentar